1.2.11
SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 5 SD
Silabus Bahasa Indonesia
Kelas 5 Semester 1
SDN Cipamokolan 3 Bandung
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan Menanggapi penjelasan nara sumber petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | o Siswa dapat mendengarkan penjelasan. o Siswa dapat menanggapi pernyataan. o Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber. o Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber. o o Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber. | Teks penjelasan nara sumber | o Mendengarkan penjelasan. o Menananggapi pernyataan. o Menanggapi. penjelasan nara sumber. o Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber. o menceriterakan penjelasan nara sumber. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kaset/CD/TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3. Penerbit Erlangga | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pikiran, kata dan santun berbahasa | § Siswa dapat memperagakan teks percakapan. § Siswa dapat menjawab pertanyaan dari isi percakapan. § Siswa dapat mencatat pokok-pokok persoalan dalam percakapan. § Siswa dapat memberikan saran dan pendapat terhadap persoalan dengan bahasa yang benar. | Teks percakapan | § Memperagakan percakapan. § Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan. § Mencatat pokok-pokok persoalan dalam percakapan. § Memberikan tanggapan berupa pendapat,saran atau alas an terhadap suatu persoalan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 3 – 6. | Lisan Tertulis Penugasan |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat. | § Siswa dapat membaca teks percakapan dengan lancer. § Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. § Siswa dapat melengkapai percakapan dengan kalimat yang tepat. | Teks percakapan | § Membaca teks percakapan dengan lancar dan jelas. § Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan. § Melengkapi percakapan yamg belum selesai dengan kalimat yang runtun. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Bacaan percakapan Buku | Lisan. Tertulis Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialok tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis § surat undangan (ulang tahun,acara agama,kegiatan sekolah) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan § menggunakan kata depan : pada,sejak dan selama. | § Siswa dapat mengenal surat undangan. § Siswa dapat melengkapi surat undangan berdasarkan penjelasan . § Siswa dapat menulis surat undangan dengan benar. § Siswa dapat menggunakan kata depan : pasa,sejak,selama dengan benar. § Sisswa dapat melengkapi kalimat dengan kata depan. § Siswa dapat membuat kalimat dengan kata depan. | Surat undangan ulang tahun | § Mengenal surat undangan ulang tahun § Melengkapi surat undangan berdasarkan penjelasan. § Menulis surat undangan dengan benar. § Memahami bentuk kata depan pada sejak,selama. § Melengkapi kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama. § Membuat kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama dengan benar. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 7-8 | Lisan Tertulis Penugasan |
Pelajaran 2
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan Mengidentifikasi unsur cerita rakyat yang didengar | § Siswa dapat mendengarkan cerita rakyat. § Siswa dapat mencatat nama-nama tokoh dalam cerita § Siswa dapat menjelaskan sifat tokoh dengan tepat. § o Siswa dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar. | Cerita Rakyat | § Mendengarkan cerita rakyat. § Mendaftar nama-nama tokoh cerita yang didengar. § Mencatat latar dan alamat cerita rakyat yang didengar. § Memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | § Kurikulum 2006 KTSP. § Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 18-19. § Kaset/CD berisi cerita rakyat | Lisan. Tertulis Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar. | § Siswa dapat menetukan hal-hal yang diamati dalam gambar. § Siswa dapat menceritakan isi gambar berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan. § Siswa dapat menceritakan isi gambar secara lisan. | Gambar ilustrasi | § Menentukan hal-hal yang diamati berdasarkan gambar ilustrasi. § Menceritakan isi gambar berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan. § Menceritakan isi gambar secara lisan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 19–21 | Lisan Tertulis Penugasan |
Pelajaran 3
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Membaca Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.. | § Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi yang tepat. § Siswa dapat membacakan puisi dengan penghayatan yang benar. § Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi dengan tepat. | Teks puisi | § Memahami membaca puisi dengan ekpresi yang tepat. § Membacakan puisi dengan penghayatan yang tepat. § Menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Bacaan percakapan | Lisan. Tertulis Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Menulis § Menulis karangan berdasarkan pengamatan dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. § Memehami kalimat yang mengungkapkan harapan. | § Siswa dapat menuliskan karangan berdasarkan gambar seri. § Siswa dapat mengurutkan gambar seri yang benar. § Siswa dapat menulis cerita yang utuh dan padu. § Siswa dapat mengungkapkan kalimat harapan. § Siswa dapat menentukan kalimat harapan. | Gambar Seri | § Memahami penulisan karangan berdasarkan gambar seri. § Mengurutkan gambar seri dengan benar. § Menulis cerita yang utuh dan padu berdasarkan gambar seri. § Memahami kalimat yang mengungkap harapan. § Menentukan kalimat yang mengungkapkan harapan. § Membuat kalimat yang mengungkapkan harapan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 23-26. | Lisan Tertulis Penugasan |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. mendenga rkan Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | § Siswa dapat mendengarkan penjelasan nara sumber yang benar. § Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan penjelasan nara sumber yang didengar. § Siswa dapat menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar. § Siswa dapat melengkapi penjelasan dari nara sumberr. | Teks penjelasan nasa sumber | § Mendengarkan penjelasan nara sumber. § Melengkapi pernyataan berdasarkan nara sumber yang didengar. § Menentukan atau memilihhal penting dari penjelasan nara sumber yang didengar. § Menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar. § Menanggapi penjelasan dari nara sumber. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 35-35 | Lisan. Tertulis Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterakan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Berbicara Menang gapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | § Siswa dapat memperagakan percakapan di depan kelas dengan benar. § Siswa dapat menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks percakapan. § Siswa dapat menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar. § Siswa dapat menanggapi persoalan dengan memberikan pendapat dan saran berdasarkan gambar. | Teks percakapan dan gambar | § Memperagakan percakapan di depan kelas. § Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terdapat dalam teks percakapan. § Menentukan persoalan dalam peristiwa berdasarkan gambar. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 35-38 | Lisan Tertulis Penugasan |
Pelajaran 4
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Membaca Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata permenit. | § Siswa dapat membaca teks bacaan dengan cepatt. § Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. § Siswa dapat melengkapi kalimat suatu teks bacaan. § Siswa dapat membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan yang dibaca. | Teks bacaan | § Membaca teks bacaan dengan cepat. § Menjawab pertanyaan. § Melengkapi kalimat suatu teks bacaan. § Membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan yang dibaca. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 39-40 | Lisan. Tertulis Tugas Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Pelaian |
2. Menulis § Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. § Memahami penggunaan awalan ber-. | § Siswa dapat mengurutkan gambar dengan benar. § Siswa dapat menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar. § Siswa dapat mengembangkanpokok pikiran dalam gambarmenjadi sebuah cerita. § Siswa dapat memahami arti awalan ber-. § Siswa dapat membuat kalimat yang berawalan ber-. | Gambar Seri | § Mengurutkan gambar seri dengan benar dan runtut. § Menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar seri. § Mengembangkan hal yang diamati menjadi sebuah karangan atau cerita. § Memahami arti awalan ber-. § Membuat kalimat dengan menggunakan kata yang berawalan ber-. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 41-43. | Lisan Tertulis Penugasan Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Mendengarkan Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya.. | § Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita. § Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan cerita rakyat. § Siswa dapat menentukan tkoh dan sifat tokoh dari cerita yang didengar. § Siswa dapat menjelaskan latar dan alamat cerita rakyat yang didengar. | Teks cerita rakyat | § Mendengarkan pembacaan cerita rakyat. § Melengkapi pernyataan berdasarkan cerita rakyat. § Menentukan tkoh dan sifat tokoh dari cerita rakyat yang didengar. § Menentukan latar dan amanat cerita yang didengar. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 50-51 CD | Lisan. Tertulis Tugas Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterakan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Berbicara Berwawan cara sederhana dengan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | § Siswa dapat memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.. § Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara. § Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber. § Siswa dapat menggunakan kata Tanya dengan tepat. § Siswa dapat membuat kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat. | Teks wawancara | § Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara. § Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.. § Melakukan wawancara dengan nara sumber. § Menggunakan kata Tanya dengan tepat dalam kalimat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 51-54 | Lisan Tertulis Penugasan Portofolio |
Pelajaran 4
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Membaca Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yangtepat. | § Siswa dapat membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas. § Siswa dapat mencatata hal-hal pkok dalam percakapan. § Siswa dapat menuliskan isi kesimpulan percakapan. | Teks Percakapan | § Membaca teks percakapan secara berpasangan. § Mencatat hal-hal pokok dalam percakapan. § Menuliskan kesimpulan dari isi percakapan. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 55 | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Menulis Menulis surat indangan ( ulang tahun,acara keagamaan,kegiatan sekolah,kenaikan kelas dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan ejaan.. | § Siswa dapat membaca surat pribadi secara cermat. § Siswa dapat menentukan cirri-ciri surat pribadi. § Siswa dapat melengkapi surat pribadi yang belum lengkap. § Siswa dapat menulis surat pribadi. | Surat pribadi | § Membaca surat pribadi dengan cermat. § Menentukan cirri-ciri surat pribadi. § Melengkapi surat pribadi yang belum lengkap. § Menulis surat pribadi dengan memperhatikan ejaan yang tepat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 56-58. | Tertulis Portofolio |
Pelajaran 5
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan Menanggapi penjelasan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | § Siswa dapat mendengarkan nara sumber. § Siswa dapat hal-hal pentingdari penjelasan yang didengarkan. § Siswa dapat mengajukan pertanyaan berdasarkan penjelasan. § Siswa dapat menanggapi isi penjelasan. | Teks penjelasan nara sumber | § Mendengarkan penjelasan nara sumber. § Mencatat hal-hal yang penting dari penjelasan nara sumber. § Mengajukan pertanyaan berdasarkan penjelasan. Menanggapi isi penjelasan. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 64-65 CD/kaset | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | § Siswa dapat memperagakan wawancara dengan benar. § Siswa dapat mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara. § Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara. § Siswa dapat wawancara dengan nara sumber. § Siswa dapat melaporkan hasil wawancara dengan baik. | Teks wawancara | § memperagakan wawancara. § Mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara. § Menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara. § Melakukan wawancara dengan nara sumber. § Melaporkan hasil wawancara yang telah dilakukan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 65-68 | Lisan Tertulis Penugasan Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. | § Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi. § Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. § Siswa dapat mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. | Teks Puisi | § Menentukan jeda,penggalan dalam puisi. § Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. § Mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 67-68 | Lisan. Tertulis Penugasan |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis § Menulis dialog sederhana antara dua,tiga tokoh serta memperhatikan isi serta perannya. § Menggunakan tanda titik dua ( : ) dalam kalimat. | § Siswa dapat memahami dialog atau percakapan dengan benar. § Siswa dapat melengkapi dialog yang belum selesai. § Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan. § Siswa dapat memperagakan dialg di depan kelas. § Siswa dapat memahami penggunaan tanda baca titik dua ( : ). § Siswa dapat menggunakan tanda titik dua ( : ). | Teks dialog | § Memahami dialog atau percakapan. § Melengkapi dialog yang belum selesai. § Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan. § Memperagakan dialog di depan kelas. § Memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) § Menggunakan tanda titik dua ( : ). | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 69-72. | Tertulis Portofolio Lisan Tugas |
Pelajaran 6
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan. | § Siswa dapat memahami alur cerita dalam cerita rakyat. § Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat yang dibacakan guru. § Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan. § Siswa dapat mengisi table alur cerita secara kelompok. § Siswa dapat menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri | Teks Cerita Rakyat | § Memahami unsure alur dalam cerita rakyat. § Mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan guru. § Menjawab pertanyaan secara lisan. § Mengisi table alur cerita rakyat secara kelompok. § Menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 84-85 CD/kaset | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara Menceriterakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar . | § Siswa dapat memahami laporan hasil kunjungan. § Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan dengan benar. § Siswa dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar. § Siswa dapat menanggapi isi laporan kunjungan. | Teks Laporan Hasil Kunjungan | § Memahami laporan hasil kunjungan. § Membuat laporan hasil kunjungan. § Menyampaikan hasil laporan kunjungan. § Menanggapi isi laporan kunjungan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 85-87 | Lisan Tertulis Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Membaca Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit. | § Siswa dapat.membaca bacaan dengan kecepatan 75/menit. § Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca . § Siswa dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang dibaca. § Siswa dapat menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca. | Teks Bacaan | § Membaca bacaan dengan kecepatan 75 kata/menit. § Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca. § Mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang telah dibacat. § Menceriterakan kembali isi bacaan yang telah dibaca. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 87-90 | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. | § Siswa dapat memahami penggunaan kata penghubung tetapi. § Siswa dapat membuat kalimat dengan kata tetapi. § Siswa dapat menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal. § Siswa dapat mengurutkan gambar seri dengan benar. | Teks Gambar Seri | § Memahami penggunaan kata penghubung tetapi. § Membuat kalimat dengan kata tetapi. § Menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal. § Mengurutkan gambar seri dengan tepat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 90-92. | Tertulis |
Pelajaran 7
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang dibacakan | § Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat. § Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan. § Siswa dapat mendaftar unsure-unsur cerita rakyat. § Siswa dapat menceriterakan cerita rakyat dengan kata-kata sendiri. | Teks Cerita Rakyat | § Mendengarkan pembacaan cerita rakyat. § Menjaawab pertanyaan secara lisan. § Mendaftar unsure-unsur cerita rakyat. § Menceriterakan kembali cerita rakyat yang telah dibaca. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 100-101 CD/kaset | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat, perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara Berwawancara secara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | § Siswa dapat memperagakan percakapan. § Siswa dapat hal-hal yang penting yang dibacakan. § Siswa dapat menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara. § Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber. | Teks Wawancara | § Memperagakan wawancara. § Mencatat hal-hal penting yang dibaacakan. § Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara. § Melakukan wawancara dengan nara suber. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indnesia hal.101-103 | Lisan Tertulis |
Pelajaran 8
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Membaca Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit | § Siswa dapat.membaca teks bacaan dengan intonasi yang tepat. § Siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan . § Siswa dapat meringkas teks bacaan. § Siswa dapat menentukan gagasan utama dalam bacaan. | Teks Bacaan | § Membaca bacaan dengan lafal dan infrmasi yang tepat. § Menjawab pertanyaan. § Meringkas teks bacaan. § Menentukan gagasan utama bacaan. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 103-105 | Penugasan Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Menulis § Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya. § Menggunakan tanda seru ( ! ) dalam kalimat | § Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog. § Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan. § Siswa dapat menulis dialg dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar. § Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas. § Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. § Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat. § Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda sseru ( ! ) | Teks Dialog | § Membaca contoh dan kesimpulan dialog. § Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog. § Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar. § Memperagakan dialog yang dibuat. § Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. § Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat. Membuat kalimat seru. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 105-108 | Tertulis Tertulis Penugasan |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Mendengarkan Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan,dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | § Siswa dapat mendengarkan penjelasan nara sumber. § Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan penjelasan nara sumber. § Siswa dapat mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber. § Siswa dapat menanggapi isi penjelasan dari nara sumber. | Teks Penjelasan Nara Sumber | § Mendengarkan penjelasan dari nara sumber. § Menjaawab pertanyaan berdasarkan penjelasan dari nara sumber. § Mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber. § Menanggapi isi penjelasan dari nara sumber. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal 116-117 | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Berbicara Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan pilihan kata dan santun berbahasa. | § Siswa dapat memperagakan percakapan di depan kelas. § Siswa dapat menjelaskan masalah atau peristiwa dengan menjawab pertanyaan. | Teks Percakapan | § Memperagakan percakapan di depan kelas. § Menjelaskan masalah dengan menjawab pertanyaan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.117-119 | Lisan Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
5. Membaca Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit | § Siswa dapat.membaca selkilas teks tata tertib. § Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks tata tertib. § Siswa dapat menulis teks tata tertib sekolah. § Siswa dapat menentukan gagasan utama dalam bacaan. | Teks Tata Tertib Sekolah | § Membaca sekilas tata tertibt. § Menjawab pertanyaan berdasarkan tata tertib. § Menjelaskan isi tata tertib. § Menulis tata tertib sekolah. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indnesia hal : 119-121 | Lisan Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
6. Menulis Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. | § Siswa dapat menentukan judul karangan. § Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita. § Siswa dapat menulis karangan berdasarkan pengalaman. § Siswa dapat membaca karangan yang dibuat. Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”. | Teks Karangan | § Menentukan judul karangan. § Melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita. § Menulis karangan berdasarkan pengalaman. § Membaca karangan yang dibuat sendiri. § Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 121-124. | Tertulis Potofolio |
Pelajaran 9
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya. | § Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita rakyat. § Siswa dapat menentukan unsure-unsur cerita. § Siswa dapat menyampaikan amanat/pesan cerita secara lisan. § Siswa dapat menceriterakan kembali cerita rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri. Siswa dapat menulis tanggapan mengenai isi cerita rakyat. | Teks Cerita Rakyat | § Mendengarkan pembacaan cerita rakyat. § Menentukan unsure-unsur cerita. § Menyampaikan amanat/pesan cerita yang didengar. § Menceriterakan kembali cerita yang didengar. § Menulis tanggapan mengenai cerita rakyat yang didengar. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 132-133 | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara Menanggapi persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa | § Siswa dapat memperagakan teks percakapan. § Siswa dapat menanyakan persoalan yang dibicarakan. § Siswa dapat memberikan pendapat terhadap suatu persoalan. | Teks Percakapan | § Memperagakan teks percakapan secara berpasangan di depan kelas. § Menanyakan persoalan yang dibicarakan. § Memberikan pendapat terhadap suatu persoalan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.133-135 | Lisan Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca Membaca puisidengan lafal dan intonasi yang tepat. | § Siswa dapat.membaca puisi dengan ekpresi dan penghayatan yang tepat. § Siswa dapat menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat. § Siswa dapat membuat puisi dan membacanya. § Siswa dapat menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman. | Teks Puisi Anak | § Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. § Menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat. § Membuat puisi dan membacanya. § Menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 135-137 | Lisan Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis Menulis surat undangan (ulang tahun,acara keagamaan, kegiatan sekolah,kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan. | § Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi. § Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat. | Teks Undangan Resmi | § Memahami bagian-bagian surat undangan resmi. § Melengkapi surat undangan dengan tepat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 138-140 | Tertulis Portofolio |
2 comments:
Very informative... thank you
Terimakasih banyak sangat sangat membantu
Post a Comment