29.5.11
RPP MATEMATIKA KELAS 5 SD
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pecahan
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 35 menit
A. Kompetensi Dasar
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
B. Indikator
o Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
o Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal serta campuran
C. Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan (Hlm. 2)
o Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 10 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan contoh soal hlm. 5 o Menugaskan mengerjakan latihan 5 Hlm. 6 o Menjelaskan contoh soal hlm. 6 o Menugaskan mengerjakan latihan 6 Hlm. 7 o Menjelaskan contoh Hlm. 7 o Menjelaskan contoh Hlm. 8 | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 5 dan 6 mengerjakan tugas dari guru | 100 |
3. Penutup o Menugaskan mengerjakan latihan 7 Hlm. 8 o Menugaskan mengerjakan latihan 8 Hlm 9 | Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 |
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pecahan
Pertemuan / waktu : Ketiga dan keempat / 4 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
B. Indikator
o Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan desimal
o Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
C. Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan (Hlm. 2)
o Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas V jilid 5B
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah | Mencatat indikator Mengumpulkan pekerjaan rumah | 10 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan contoh soal hlm. 19 o Menugaskan mengerjakan latihan 9 Hlm.10 o Menjelaskan contoh soal hlm. 10 o Menugaskan mengerjakan latihan 10 Hlm.11 o Menjelaskan contoh soal hlm. 11 o Menugaskan mengerjakan latihan 11 Hlm.12 o Menjelaskan contoh soal hlm. 12 | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 5 dan 6 mengerjakan tugas dari guru | 100 |
3. Penutup o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan o Menugaskan mengerjakan latihan 12 Hlm.12 | Mendengarkan motivasi guru Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 |
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pecahan
Pertemuan / waktu : Ketiga dan kempat / 4 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
B. Indikator
o Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
o Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
C. Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan (Hlm. 2)
o Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah | Mencatat indikator Mengumpulkan pekerjaan rumah | 10 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan contoh soal hlm. 13 o Menugaskan mengerjakan latihan 13 Hlm.14 o Menjelaskan contoh soal hlm. 14 o Menugaskan mengerjakan latihan 14 Hlm.15 o Menjelaskan contoh soal hlm. 15 o Menugaskan mengerjakan latihan 15 Hlm.16 o Menjelaskan contoh soal hlm. 16 o Menjelaskan contoh soal hlm. 17 | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 13 s.d 17 mengerjakan tugas dari guru | 100 |
3. Penutup o Menugaskan mengerjakan latihan 16 Hlm.16 o Menugaskan mengerjakan latihan 17 Hlm.17 | Mendengarkan motivasi guru Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 |
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pecahan
Pertemuan / waktu : Kelima dan keenam / 2 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
B. Indikator
o Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama
o Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal
C. Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan (Hlm. 2)
o Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas V jilid 5B
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah | Mencatat indikator Mengumpulkan pekerjaan rumah | 10 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan contoh soal Hlm. 17 yaitu menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut ![]() o Menugaskan mengerjakan latihan 17, Hlm. 17 o Menjelaskan contoh soal Hlm. 17 yaitu menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut ![]() o Menugaskan mengerjakan latihan 18, Hlm. 18 o Menjelaskan contoh soal Hlm. 19 ![]() o Menugaskan mengerjakan latihan 19, Hlm. 19 o Menjelaskan contoh soal Hlm. 20 ![]() | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 17 s.d 20 mengerjakan tugas dari guru | 100 |
3. Penutup o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan o Menugaskan mengerjakan latihan 20, Hlm. 20 | Mendengarkan motivasi guru Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 |
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pecahan
Pertemuan / waktu : Kettujuh dan kedelapan / 2 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
B. Indikator
o Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari
C. Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan (Hlm. 2)
o Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah | Mencatat indikator Mengumpulkan pekerjaan rumah | 10 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan contoh soal yang berkaitan dengan masalah sehari-hari Hlm. 21 o Menugaskan mengerjakan latihan 21 Hlm 22 dan latihan 22 Hlm. 23 o Mengerjakan latihan pengayaan Hlm. 24 | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 17 s.d 20 mengerjakan tugas dari guru | 100 |
3. Penutup o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan o Menugaskan mengerjakan latihan 22 Hlm. 23 | Mendengarkan motivasi guru Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 |
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pecahan
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
B. Indikator
o Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
C. Materi Essensial
Operasi Perkalian dan pembagian
o Perkalian Pecahan (Hlm. 26)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |||
Pendidik | Peserta didik | |||
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 10 | ||
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi perkalian - pecahan biasa dengan pecahan biasa - pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya - pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya - pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya - perkalian pecahan campuran dengan persen o Menjelaskan penurunan rumus o Menugaskan :
| Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 s.d 9 Mencatat dan memahami penurunan rumus mengerjakan tugas dari guru | 100 | ||
3. Penutup o Memotivasi untuk mengerjakan soal o latihan 8 Hlm. 33 dan latihan 9 Hlm. 34 | Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 | ||
Mengetahui Kepala Sekolah HENNY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pecahan
Pertemuan / waktu : ketiga dan keempat / 4 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
B. Indikator
o Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
C. Materi Essensial
Operasi Perkalian dan pembagian
o Pembagian pecahan (Hlm. 34)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |||
Pendidik | Peserta didik | |||
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 10 | ||
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi pembagian yaitu pengurangan berulang sampai habis pada : - pecahan biasa dengan pecahan biasa - pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya - pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya - pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya - perkalian pecahan campuran dengan persen o Menugaskan :
o | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 10 s.d 17 mengerjakan tugas dari guru | 100 | ||
3. Penutup o Menugaskan mengerjakan Latihan 16 Hlm. 40 dan Latihan 17 Hlm. 41 | Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 | ||
Mengetahui Kepala Sekolah HENNY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pecahan
Pertemuan / waktu : Kelima dan keenam / 4 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
B. Indikator
o Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
o Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan
C. Materi Essensial
Operasi Perkalian dan pembagian
Menyelesaikan soal cerita yang mengandung opersi hitung berbagai bentuk pecahan (Hlm. 46)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 10 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan latihan pengayaan Hlm. 42 o Menjelaskan contoh Hlm. 43, 44 dan 45 o Menugaskan : - Latihan 18 Hlm. 35 o Menjelaskan cara menjawab contoh Hlm. 46 o Menugaskan mengerjakan: - latihan 20 Hlm. 46 - latihan 21 Hlm. 46 - latihan pengayaan Hlm. 49 - | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan mengerjakan tugas dari guru Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 dan 2 mengerjakan tugas dari guru | 100 |
3. Penutup o Menugaskan Latihan 19 Hlm. 36 latihan 22 Hlm. 50 | Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 |
Mengetahui Kepala Sekolah HENNY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Pecahan
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
B. Indikator
o Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala
C. Materi Essensial
Pecahan dan perbandingan
o Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (Hlm. 51)
o Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala (Hlm. 54)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | ||||
Pendidik | Peserta didik | ||||
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 10 | |||
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan langkah pengerjaan soal hlm. 51 Ada 3 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis Ada 2 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis o Menjelaskan dan menugaskan latihan 1 Hlm. 51 dan latihan pengayaan Hlm. 53 o Menjelaskan perbandingan pada suhu Reamur (°R) : Celcius (°C) : Fahrenheit (°F) = 4 : 5 (+ 32°): o Menugaskan mengerjakan latihan 2, 3, hlm 55 o Menjelaskan soal cerita mengenai perbandingan dan skala Skala = jarak pada peta : jarak benda o Menugaskan mengerjakan latihan 4 Hlm. 56, | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 dan latihan pengayaan Mencatat cara mencari faktor prima mengerjakan tugas dari guru | 100 | |||
3. Penutup o Menugaskan mengerjakan latihan 5 Hlm. 57, dan latihan 6 Hlm. 58 | Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 | |||
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu : Ketiga dan keempat / 2 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
B. Indikator
o Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala
C. Materi Essensial
Pecahan dan perbandingan
o Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (Hlm. 51)
o Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala (Hlm. 54)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah | Mencatat indikator | 10 |
2. Kegiatan Inti o Menugaskan untuk menjawab Uji kompetensi Bab 4 Hlm. 61 | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan dan mengerjakan tugas dari guru | 100 |
3. Penutup o Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti | Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 |
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
B. Indikator
o Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segitiga dan persegi panjang
o Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang
o Mengidentifikasi sifat-sifat bangun trapesium dan jajargenjang
o Menggambar bangun trapesium dan jajargenjang
C. Materi Essensial
Bangun Datar dan Bangun ruang
o Bangun datar (Hlm. 64)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
o penggaris
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |||
Pendidik | Peserta didik | |||
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Memberikan pertanyaan berapa jumlah sisi sebuah segitiga ? | Mencatat indikator Siswa diharapkan menjawab 3 buah sisi | 10 | ||
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan sifat-sifat segitiga dan menyebutkan macam segitiga :
o Menjelaskan cara mengambar segitiga o Menugaskan mengerjakan latihan 1 hlm. 65 dan latihan 2 Hlm. 67 o Menjelaskan sifat-sifat dan cara menggambar persegi panjang o Menugaskan mengerjakan latihan 3 hlm. 68 o Menjelaskan sifat-sifat dan cara menggambar trapesium dan jajaran genjang | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan mengerjakan tugas dari guru | 100 | ||
3. Penutup o Menugaskan mengerjakan latihan 4 hlm. 68 dan latihan 5 Hlm. 71 | Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 | ||
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu : Ketiga dan keempat / 4 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
B. Indikator
o Mengidentifikasi sifat-sifat lingkaran
o Menggambar lingkaran dengan jangka
o Mengidentifikasi sifat-sifat belah ketupat
o Menggambar belah ketupat
C. Materi Essensial
Bangun Datar dan Bangun ruang
o Bangun datar (Hlm. 64)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
o Pensil, jangka dan penggaris, penghapus
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Menugaskan siswa membuat lingkaran hanya dengan menggunakan pensil | Mencatat indikator Memebuat lingkaran | 10 |
2. Kegiatan Inti o Memberikan pertanyaan apakah lingkaran yang kamu buat berbentuk linghkaran yang sempurna ? o Menugaskan benda-benda apa saja yang berbentuk lingkaran o Menjelaskan sifat-sifat dan cara menggambar lingkaran o o Menugaskan tugas Hlm. 73 o Menjelaskan sifat-sifat dan cara menggambar belah ketupat dan layang-layang o Menugaskan mengerjakan latihan 6 Hlm. 74 | Siswa menjawab pertanyaan guru berdasarkan apa yang telah digambar Mengerjakan tugas guru Mengerjakan tugas Hlm. 73 Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan Mengerjakan tugas guru | 100 |
3. Penutup o Menugaskan mengerjakan kegitan Hlm. 75 | Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 |
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bangun Datar dan Bangun Ruang
Pertemuan / waktu : Pertama dan ketiga / 4 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
B. Indikator
o Mengidentifikasi sifat-sifat bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut
o Menggambar bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut
C. Materi Essensial
Bangun Ruang (Hlm. 75)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
o Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |||
Pendidik | Peserta didik | |||
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Memberikan pertanyaan berapa jumlah rusuk sebuah prisma tegak segiempat | Mencatat indikator Siswa diharapkan menjawab 12 buah rusuk | 15 | ||
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan sifat-sifat dan cara mengambar Bangun Ruang ;
o Menugaskan mengerjakan latihan 7 hlm. 77, latihan 8 Hlm. 78 dan latihan 9 Hlm. 79 | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan mengerjakan tugas dari guru latihan 7 hlm. 77, latihan 8 Hlm. 78 dan latihan 9 Hlm. 79 | 150 | ||
3. Penutup o latihan 10 hlm. 80, latihan 11 Hlm. 81 dan latihan 12 Hlm. 83 o Tugas Hlm . 82 | Mengerjakan pekerjaan rumah | 15 | ||
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bangun Datar dan Bangun Ruang
Pertemuan / waktu : Pertama dan ketiga / 6 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
B. Indikator
o Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana
C. Materi Essensial
Bangun Ruang (Hlm. 75)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
o Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Menugaskan siswa untuk mengunmpulkan pekerjaan rumah | Mencatat indikator Mengumpulkan pekerjaan rumah | 15 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan cara membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana o Menjelaskan bahwa jaring-jaring bagun ruang sederhana bisa dibuat lebih dari satu o Menugaskan untuk mengerjakan tugas Hlm. 85 | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan mengerjakan tugas dari guru | 150 |
3. Penutup o Menugaskan untuk mengerjakan latihan 13 hlm. 86 | Mengerjakan pekerjaan rumah | 15 |
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu : Pertama dan ketiga / 6 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
B. Indikator
o Menunjukkan sifat-sifat kesebangun antarbangun
o Menunjukkan dan menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar
C. Materi Essensial
Kesebanguan dan Simetri pada bangun Datar
o Menunjukkan kesebangun antarbangun datar (Hlm. 88)
o Menentukan simetri lipat dan simetri putar (Hlm. 91)
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 15 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan simetri lipat dan cara mencari simetri lipat o Menjelaskan contoh soal Hlm. 92 o Menugaskan mengerjakan latihan 2 Hlm. 92 o Menjelaskan simetri putar dan cara mencari simetri lipat o Menugaskan untuk menyebutkan bangun yang memiliki simetri lipat dan putar | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 dan 2 | 150 |
3. Penutup o Mengerjakan latihan 3 Hlm. 95 | Mengerjakan pekerjaan rumah | 15 |
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
B. Indikator
o Menghitung masalah yang berkaitan dengan bnagun datar dan bangun ruang sederhana
C. Materi Essensial
Sifat-Sifat Bangun
Uji kompetensi bab 5 Hlm. 97
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 5 |
2. Kegiatan Inti o Menugaskan menjawab soal yang erkaitan dengan bangun datar dan ruang sederhana o Menugaskan Untuk mengerjakn uji kompetensi bab 5. Hlm. 96 | mengerjakan tugas dari guru mengerjakn uji kompetensi Bab 5 | 50 |
3. Penutup o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal dan mengulang klembali materi yang sudah dipelajari | Mendengarkan motivasi yang diberikan guru | 5 |
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | Bandung, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu : kedua / 2 x 35 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
B. Indikator
o Menghitung masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
C. Materi Essensial
Latihan soal Akhir Tahun
D. Media Belajar
o Buku matematika kelas V jilid 5B
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 5 |
2. Kegiatan Inti o Menugaskan Untuk mengerjakan Latihan soal Akhir Tahun Hlm. 99 | Mengerjakan Latihan soal Akhir Tahun Hlm. 99 | 50 |
3. Penutup o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal dan mengulang klembali materi yang sudah dipelajari | Mendengarkan motivasi yang diberikan guru | 10 |
Mengetahui Kepala Sekolah HENY IRAWATI, S.Pd. SD | BANDUNG, Guru Mata Pelajaran EMMA SETIAMULYATI, S.Pd. |









No comments:
Post a Comment