8.10.11
RPP Sains Berkarakter Terbaru (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Waktu : 8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
C. Tujuan Pembelajaran**:
o Siswa dapat Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
o Siswa dapat Memahami istilah dari
- Diagfragma
- Gelambir
- Pleura
- Bronkus
|
- Alveolus
- Pundi-pundi
- Labirin
- Stigma
|
o Siswa dapat Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
o Siswa dapat Memahami proses pernapasan pada :
- Manusia
- Burung
- Reptil
- Amfibi
|
- Ikan
- Serangga
- Cacing
|
o Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Essensial
Organ tubuh manusia dan hewan
o Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
E. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
o Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
| |||||||
1. Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
o Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
| ||||||
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang alat pernapasan
F Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
- Paru-paru
- Hidung
- Tenggorokan
F Memahami istilah dari
F Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
F Memahami proses pernapasan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
| ||||||
3. Penutup
o Mengulang proses pernapasan
|
(5 menit)
| ||||||
4. Pekerjaan Rumah
o –
| |||||||
Pertemuan ke-2
| |||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
| ||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan kegiatan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
| ||||||
o Memberikan kesimpulan dari kegiatan 1.1
|
(5 menit)
| ||||||
o tugas 1.1
| |||||||
Pertemuan ke-3
| |||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o Memahami peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan
|
(5 menit)
| ||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
F Memahami istilah dari
F Memahami proses pernapasan pada :
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
| ||||||
o Memberikan kesimpulan bahwa hewan memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda
|
(5 menit)
| ||||||
o
| |||||||
Pertemuan ke-4
| |||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi.
|
(5 menit)
| ||||||
& sEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia dapat diakibatkan oleh pencemaran udara dan serangan kuman
F Memahami gejala penyakit :
F Memahami pola hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Menyebutkan penyakit menyerang alat pernapasan manusia akibat serangan kuman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
| ||||||
o Memberikan kesimpulan bahwa pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan alat pernapasan.
|
(5 menit)
| ||||||
o -
|
G. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.
o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan Unjuk kerja
|
o Jelaskanlah alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.
o Buatkanlah model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
o Jelaskanlah penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Jelaskanlah cara memelihara kesehatan alat pernapasan
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
No comments:
Post a Comment