27.8.14

FORMAT PENILAIAN KURIKULUM 2013

penilian 2013


Saya sangat berterima-kasih sekali kepada Bapak Totok Yulianto, beliau telah berbagi postingannya tentang penilaian kurikulum 2013 yang mana sangat memberikan beban kepada guru untuk bekerja keras. Dengan adanya format ini saya ingin berbagi lagi kepada rekan-rekan yang mana format ini akan sangat membantu para guru dalam mengerjakan peniaian.

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar Peserta Didik dengan kata lain Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Penilaian dapat dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk).

Menurut Panduan Penilian kurikulum 2013 SD baru ( Silahkan di Download dulu ) penilaian setiap mata pelajaran meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap. Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan menggunakan skala 1–4 (kelipatan 0.33), yang dapat dikonversi ke dalam Predikat A – D sedangkan kompetensi sikap menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K).

Pendekatan penilian yang saya coba rumuskan adalah melalui pendekatan tema, bukan pendekatan KD. Sesuai dengan ruh kurikulum 2013 adalah pendekatan TEMA bukan Mapel. Saya mencoba menjabarkan ke dalam software penilian sebagai berikut :



SILAHKAN DI KLIK SAJA:




8 comments:

Unknown said...

ASSALAMU ALAIKUM WRWB. IBU MAAF SAYA MINTA COPY SOAL +FORMT P K-13

Download Buku Siswa said...

Terima kasih ibu sangat membantu.

zulfanalwi_alKampari said...

TQ

Unknown said...

thanks ibu guru,sangat bermamfaat sekali

Unknown said...

terimakasih.....
banyak membantu kami........

Unknown said...

BU EMA YTH. BAGAIMANA CARA MENAMBAH SELL JIKA JUMLAH SISWA LBH DARI 40

Siti Anisah said...

terimakasih postingannya bu, sangat mmebantu

Unknown said...

ijin ya

Post a Comment

 

©2013 the healing | by eppoh